Subscribe:

Tuesday, May 13, 2014

TEKNIK LANGKAH KAKI DAN TENDANGAN TARUNG DERAJAT

JADIKANLAH DIRIMU OLEH DIRI SENDIRI
SALAM PERSAUDARAAN BOX...!


Meneruskan postingan sebelumnya kali ini masih mengutip tentang materi prinsip gerak dan jurus Tarung Derajat yaitu tentang bagaimana kaki berfungsi dalam teknik Tarung Derajat.

Dalam bela diri Tarung Derajat, selain fungsi kaki sebagai senjata, dalam bentuk senjata dengan titik kena yang bervariasi, kaki memiliki peran penting lain, yaitu transformasi dan ekstensifikasi gerak seluruh anggota tubuh.

Contoh sederhana dari peran itu, adalah bagaimana kaki " menyampaikan" pukulan tangan dengan melakukan langkah yang bersenyawa dengan gerakan pukulan itu. Langkah kaki juga turut mengubah posisi badan, dalam melakukan serangan, menutup,dan melindungi titik sasaran.


Gerakan kaki di Tarung Derajat didasari prinsip aman, efektif dan rasional, serta merupakan senyawa gerak bertahan menyerang mematikan. Prinsip - prinsip itu merupakan dasar dari jenis gerakan kaki yang terbagi menjadi dua bagian besar, yaitu : gerak maju-mundur dan gerakan sejajar-menyilang.



Pada gerak maju, kaki ( kanan atau kiri ) yang berada di belakang bergerak merapat dengan kaki yang yang berada di depan , sebelum melangkah ke kedepan, seperti yang ditunjukkan pada gambar.

Gerakan merapatkan kaki ini merupakan gerakan pertama dari bertahan atau menghindari serangan lawan, menutup sasaran dan sekaligus membuka alternatif berbagai serangan balasan yang bisa dilakukan.

Pada gerak mundur, kaki yang berada didepan ditarik langsung ke belakang ini berfungsi agar kecepatan menghindari serangan bisa didapat secara optimal.

Jenis kedua adalah gerak sejajar menyilang. Gerak ini dilatihkan dalam latih tanding Tarung Derajat. Gerakan sejajar menyilang ini merupakan gerakan mengatur dan menjaga jarak dengan lawan. 

Jarak dengan lawan yang terjaga akan membuat gerak seluruh anggota tubuh berlangsung secara efektif dalam bertahan menyerang mematikan, serta sekali lagi membuka ruang bagi alternatif serangan susulan.



Gerak sejajar adalah posisi kedua kaki yang membentuk garis sejajar dengan posisi dua kaki lawan ( lihat ilustrasi gambar ), baik itu saat mendekati ataupun menyerang. sedangkan gerak menyilang, adalah saat garis dua kaki membentuk sudut dengan garis kaki lawan.


Gerakan kaki yang efektif dari kedua jenis gerak ini adalah gerak yang berporos pada satu kaki. Hal ini memungkinkan perubahan gerak dalam tempo yang relatif lebih cepat dan efektif.

Penerapan gerak kaki maju mundur, sejajar menyilang ini akan terlihat dalam berbagai bentuk latihan jurus yang insyaAlloh akan dibahas pada postingan berikutnya..

Semoga bermanfaat BOX...!


0 comments:

Post a Comment