Subscribe:

Saturday, May 3, 2014

JURUS TENDANGAN TARUNG DERAJAT 2

BOX...!
SALAM PERSAUDARAAN....


Meneruskan kutipan pembahasan tentang Prinsip Gerak dan Jurus Tarung Derajat, pada postingan sebelumnya pembahasan materi tentang titik sasaran pada muka atau sasaran pada wajah kali ini akan membahas tentang titik sasaran tendangan pada badan dan kaki dalam Tarung Derajat.








Jika diurut dari atas, titik sasaran pada badan dan kaki terdiri dari dada, ulu hati, rusuk melayang, kiri dan kanan, alat vital, pangkal paha kiri dan kanan serta bagian belakang, sisi dalam dan luar lutut.
Badai Meganagara, S.Si., MBA.

Secara garis besar, karakteristik titik sasaran terdiri dari bidang memanjang dan bidang bulat, seperti digambarkan pada titik sasaran yang ada disamping ini. ( ilustrasi foto adalah Sang Guru Muda Tarung Derajat)
Badai Meganagara, S.Si., MBA.

Karakteristik sasaran yang berbeda tersebut disesuaikan titik kena dari berbagai bentuk kaki sebagai senjata , titik kena pada tendangan terdiri dari ujung jempol, punggung telapak kaki, sisi luar telapak kaki ( pedang kaki ), telapak kaki bagian depan, dan lekuk telapak kaki ( injakan ).

Pada sasaran dada, tendangan samping atau tendangan belakang dengan titik kena pedang kaki memberi dampak yang efektif. Sasaran pada ulu hati dijangkau dengan tumit, telapak kaki bagian depan dan lutut.

Serangan alat vital di incar dengan tendangan lurus dan titik kena punggung telapak kaki. Sementara tendangan lingkar dalam dengan titik kena punggung telapak kaki digunakan untuk menjangkau rusuk melayang kiri dan kanan.

Sasaran rusuk melayang ini dapat pula di jangkau tendangan lurus dengan titik kena telapak kaki bagian depan.


Pangkal paha kiri dan kanan dijangkau dengan pedang kaki. Sementara di bagian lutut titik sasaran yang ada adalah bagian sisi luar dan bagian belakang. Gambar disamping adalah ilustrasi teori pembahasan diatas.



PERINGATAN...!

TIDAK DISARANKAN UNTUK MELAKUKAN GERAKAN TANPA DI DAMPINGI PELATIH TARUNG DERAJAT


Semoga bermanfaat..! BOX..!

0 comments:

Post a Comment