Subscribe:

Friday, April 25, 2014

KAKI DAN TENDANGAN SENJATA DALAM TARUNG DERJAJAT

JADIKANLAH DIRIMU OLEH DIRI SENDIRI


Salam Persaudaraan BOX...!

Untuk kali ini kita lanjutkan pada kutipan materi Tarung Derajat yaitu kaki sebagai senjata dalam seni ilmu bela diri aa boxer.

Seperti tangan kaki dalam bela diri memiliki peran penting dalam gerak dan jurus. Dalam  bela diri Tarung Derajat, kaki memiliki fungsi utama sebagai transformasi dan ekstensifikasi gerak anggota tubuh, fungsi melindungi serta fungsi menyerang atau senjata.



LAMBANG SORANGAN TARUNG DERAJAT
Fungsi transformasi dan ekstensifikasi gerak digambarkan dalam lambang "SORANGAN" dalam Tarung Derajat. Dua kaki yang terentang dalam lambang sorangan ini, antara lain menggambarkan kaki yang berfungsi dalam menjangkau/ mendekatkan jarak, memperluas gerak dan lain - lain.


bisa dicontohkan dalam gerak serangan tangan, variasi titik sasaran bisa dicapai dengan gerak kaki dalam merekayasa jarak dan ketinggian. Kecepatan gerak kaki bersama dengan gerak pukulan lurus misalnya, akan menentukan pula efektivitas serangan.

Dalam setiap gerak dan jurus Tarung Derajat, gerak seluruh anggota tubuh menjadi menjadi sebuah sinergi yang menentukan kekuatan, kecepatan, dan ketepatan.

Gerakan kaki memiliki peran strategis dan kontribusi terbesar dalam melakukan transformasi dan ekstensifikasi unsur kekuatan, kecepatan, dan ketepatan gerak dan jurus Tarung Derajat.

GAMBAR 1 

Gerak dan jurus kaki di didasari posisi siaga kaki seperti terlihat dalam gambar 1. Pada posisi ini, kaki melindungi bagian tubuh bagian tengah kebawah dari serangan lawan, dengan menutup titik - titik sasaran yang berada dibagian itu.

Siaga kaki ini adalah salah satu gerak lanjutan dari siaga dasar Tarung Derajat dalam bereaksi terhadap serangan kaki lawan. Dari posisi bertahan ini, gerak serangan kaki bisa dilakukan sebagai sebuah senyawa gerak bertahan, menyerang,mematikan.

Dari sini, kita memasuki fungsi ketiga dari kaki, sebagai alat untuk menyerang atau senjata. Sebagai senjata, kaki memiliki kelebihan dalam daya tahan , kekuatan, dan jangkauan. Seluruh bagian kaki, dari ujung jari hingga lutut memiliki titik kena sesuai karakteristik masing - masing.

Pada gambar - gambar di bawah ini, dapat dilihat berbagai bentuk " SENJATA KAKI " mulai dari ujung jari telapak kaki bagian depan , telapak kaki bagian belakang ( tumit ), telapak kaki ( injakan ), kaki bagian luar ( pedang kaki ), jempol, punggung kaki. Masing - masing bentuk senjata kaki ini memiliki titik sasaran yang akan di bahas pada postingan berikutnya InsyaAlloh..

BOX,,,,,,,! 


0 comments:

Post a Comment