Subscribe:

Tuesday, April 15, 2014

TITIK SASARAN KEPALAN TANGAN PADA BAGIAN TUBUH ( Prinsip Gerak dan Jurus Tarung Derajat )

JADIKANLAH DIRIMU OLEH DIRI SENDIRI....BOX..!

Melanjutkan postingan sebelumnya, saya coba akan mengutip dan berbagi tentang materi Tarung Derajat dimana kali ini masih membahas tentang bagaimana tangan sebagai senjata dalam Seni Ilmu Beladiri Tarung Derajat. Pada postingan sebelumnya memaparkan bagaimana dan dimana saja titik sasaran yang menjadi kelemahan pada wajah dan kepala.



Sekarang akan sedikit dipaparkan sebagian sasaran pada anggota tubuh mulai leher hingga kaki.



Titik kena utama kepalan , sama seperti pada sasaran wajah adalah pada tonjolan jari tengah dengan titik kena sekunder pada tonjolan tulang jari telunjuk dan jari manis.

Pada kepalan ini, sebenarnya seluruh anggota tubuh merupakan titik sasaran, bergantung pada kekuatan rangkaian gerakan kepalan daya tahan sasaran. 

Pengenaan pada titik sasaran merupakan nilai lebih pada kecepatan untuk menjatuhkan atau melumpuhkan lawan.


TITIK SASARAN PADA TUBUH DENGAN KEPALAN TANGAN

Titik sasaran pada tubuh tersebar pada leher, dada, ulu hati dan alat vital. Titik sasaran lain adalah pada sendi bahu, tulang dada, rusuk melayang dan pangkal paha.

Penggunaan kepalan pada titik sasaran ini memiliki efek berbeda, yaitu mematahkan ( tulang ), melumpuhkan ( otot ) atau melepas ( sendi ).

Teknik pukulan juga sangat menentukan efektivitas serangan yang dilakukan mengingat bentuk titik lemah yang berbeda pada setiap sasaran. Untuk sasaran yang berbeda digaris vertikal di tubuh bagian tengah ( leher, dada, ulu hati ) digunakan teknik pukulan lurus. 

Sedangkan untuk sasaran dibagian samping ( sendi, bahu, rusuk melayang dan pangkal paha ) digunakan teknik pukulan melingkar dan memutar pergelangan 90 derajat.

Dalam Tarung Derajat, prinsip menyerang adalah gerakan yang meminimilasi atau tanpa resiko pada diri sendiri.


PERINGATAN.....!

APA YANG DITAMPILKAN PADA POSTINGAN INI ADALAH HANYA BAGI MEREKA YANG SUDAH MAHIR DALAM BELA DIRI TARUNG DERAJAT.

DILARANG MELAKUKAN GERAKAN TANPA DI DAMPINGI SEORANG PELATIH TARUNG DERAJAT.

Demikian postingan kali ini semoga bermanfaat

Salam Persaudaraan BOX.....!

0 comments:

Post a Comment