Subscribe:

Tuesday, April 22, 2014

SERANGAN TANGAN JURUS TARUNG DERAJAT

AKU RAMAH BUKAN BERARTI TAKUT
AKU TUNDUK BUKAN BERARTI TAKLUK

BOX......!

Melanjutkan postingan sebelumnya masih mengenai prinsip gerak dan jurus Tarung Derajat dimana tangan sebagai senjata dan  untuk kali ini saya coba share tentang bagaimana bentuk dan titik sasaran tangan. Tentunya materi ini bersumber dari Sang Guru Tarung Derajat kemudian saya kutip dengan maksud tidak lain hanya berbagi dengan semua pecinta ilmu beladiri Tarung Derajat.

Selain bentuk kepalan, serangan tangan bisa dilakukan dengan menggunakan bentuk - bentuk lain, yaitu telapak tangan, telapak tangan bawah, ujung jari - jari, pedang tangan ( sisi bawah telapak tangan ), punggung tangan, cengkraman, ujung jari telunjuk, buku jari, dan sikut.




Kelebihan dari bentuk serangan tangan terbuka ini adalah transformasi gerak menyerang yang lebih cepat. Serangan tangan ini memberi efek dorongan, tamparan, pukulan, patahan, tusukan, cengkraman dan totokan sesuai dengan karakteristik titik kena dan titik sasaran pada masing - masing bentuk serangan tangan.

Perlu diingat, kekuatan titik kena pada sebagian bentuk serangan tangan seperti ujung jari, pedang tangan secara alamiah tidak memiliki kekuatan seperti kepalan dan sikut, sehingga perlu latihan secara khusus.

Pada beberapa bentuk serangan tangan , titik kena harus benar -  benar mendarat pada titik sasaran yang tepat, agar serangan yang dilakukan selain efektif, juga tidak menimbulkan cidera pada penyerang.

Titik - titik sasaran relatif yang tepat ini relatif tersembunyi, terlindungi dan dilindungi, sehingga faktor kekuatan , kecepatan dan ketepatan menjadi penentu efektifnya serangan tangan ini.

Telapak tangan memiliki titik kena pada seluruh permukaan telapak tangan, dan titik sasaran pada telinga  dan hidung untuk memberi  efek tamparan. Telapak tangan bagian bawah memiliki kelebihan pada kekuatan dorongan dan bisa digunakan secara efektif pada titik sasaran dagu bagian bawah dan bahu bagian depan.







Titik - titik sasaran pada ujung - ujung jari adalah pada pangkal leher dan sambungan bahu. Sedangkan punggung tangan memiliki titik sasaran pada belakang telinga dan alat vital.







Pada pedang tangan titik sasaranya adalah bagian belakang telinga, leher (samping dan depan), tulang bahu dan rusuk melayang.




Bentuk ujung jari telunjuk digunakan pada titik sasaran mata, pangkal leher dan pangkal paha.






Titik sasaran pada cengkraman adalah leher dan tengkuk. Sementara buku jari, memiliki titik sasaran  mulai dari pangkal hidung, hidung, pangkal gigi, dagu, leher, ulu hati dan sambungan bahu.




Bentuk serangan lain dalah sikut, penggunaan sikut ini sangat efektif pada pertarungan jarak dekat. Titik sasaran sikut adalah rahang, dagu rusuk melayang dan bagian lutut.

PERINGATAN...!!!

GAMBAR - GAMBAR PERAGA DIATAS ADALAH SEBAGIAN CONTOH SERANGAN TANGAN.
SELURUH LATIHAN INI TIDAK BOLEH DICOBA SECARA SEMBARANGAN, KECUALI PADA ANGGOTA TARUNG DERAJAT TINGKAT MAHIR.

Semoga bermanfaat BOX.....!

0 comments:

Post a Comment