Subscribe:

Friday, March 14, 2014

Meningkatkan Martabat Manusia

Salam Persaudaraan, Box...!




Hingga menginjak usia remaja, Aa ( G.H. Achmad Dradjat ) telah menunjukan kemampuan dan keunggulan dalam menghadapi berbagai tindak kekerasan dan perkelahian.



Gaya berkelahi yang khas dengan daya serang yang efektif dan cepat menjatuhkan lawan, membuatnya nama panggilanya bertambah dengan nama BOXER. Nama AA BOXER melekat pada diri Achmad Dradjat, setelah berhasil menunjukan keunggulan seni pembelaan diri karya ciptanya didalam berbagai bentuk perkelahian.


Sejalan dan seiring dengan nilai - nilai riwayat perjalanan dan perjuangan hidup dilakukan dalam menciptakan dan melahirkan ilmu bela diri secara alamiah, mandiri dan tersendiri mencuat sebuah nama untuk diterapkan pada seni ilmu bela diri karya ciptanya, yaitu TARUNG DERAJAT.

TARUNG atau bertarung adalah berjuang dan DERAJAT adalah harkat atau martabat kemanusiaan.

Tarung derajat secara harfiah berarti sebuah upaya atau perjuangan  untuk mencapai derajat atau martabat manusia yang berhakikat manusia.

Aa juga menularkan kemampuan bela dirinya pada rekan - rekan terdekat dan masyarakat lain yang membutuhkannya sebagai guru.

Akhirnya pada 18 Juli 1972 diikrarkan pendirian Perguruan Tarung Derajat yang menjadi tanda utama resminya kelahiran ilmu Olah Raga Seni Bela Diri karya cipta Achmad Dradjat.

Gelar Sang Guru menjadi sebuah panggilan kehormatan dan penghargaan sekaligus saripati jati dirinya dari apa yang diperjuangkan dalam menciptakan ilmu olah raga seni pembelaan diri Tarung Derajat bagi murid -murid perguruan pusat Tarung Derajat.

Secara organisasi Tarung Derajat mencapai langkah penting ketika diakui oleh KONI Pusat sebagai cabang bela diri yang mandiri pada Februari 1997. Bersamaan dengan itu Tarung Derajat berkembang dan menyebar pesat di Indonesia.

Kini Tarung Derajat telah memiliki lebih dari 23 Pengiurus Daerah ( Pengda) se Indonesia. Selain itu sampai sekarang perkembanganya menuju ke arah yang lebih luas hingga merambah ke negara - negara Asia Tenggara.

Dengan mengetahui hal tersebut diatas kita patut berbangga dengan hasil karya cipta Sang Guru Tarung Derajat dengan hal tersebut bisa mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia di mata dunia.

artikel lainya

0 comments:

Post a Comment