Subscribe:

Friday, March 21, 2014

Arti Lambang PRIBADI MANDIRI




Salam Persaudaraan, BOX…!

Pada postingan kali ini saya akan coba share kutipan tentang arti dan filosofi yang terkandung dalam Lambang Pribadi Mandiri Tarung Derajat. Kutipan yang saya posting ini bersumber dari  Perguruan Pusat Tarung Derajat bekerjasama dengan Koran Pikiran Rakyat dalam rubrik Klinik Tarung derajat.

Jadi mengenai arti dan filosofi yang terkandung dalam Lambang Pribadi Mandiri ini besumber dari pihak yang bisa di pertanggung jawabkan. Dengan tanpa menambahkan dan tidak pula mengurangi apa yang tertera dari sumbernya.



LAMBANG PRIBADI MANDIRI

Gerakan dan jurus serta metode latihan Tarung Derajat di dasari kemampuan alamiah dikembangkan secara mandiri sesuai prinsip “ JADIKANLAH DIRIMU OLEH DIRI SENDIRI “ Lambang ini di beri nama PRIBADI MANDIRI karena Tarung Derajat mengembangkan setiap pribadi secara mandiri, sesuai karakteristik dan kekhasanya.

Lambang ini menggambarkan Tarung Derajat sebagai seni ilmu bela diri yang memiliki ciri khas dan kemandirian yang realistis dan rasional, yaitu sistem pertahanan dan ketahanan diri, reakasi cepat dengan gerakan praktis dan efektif. Tarung Derajat memanfaatkan senyawa daya gerak OTOT, OTAK dan NURANI.

A.  KEPALAN TANGAN warna kuning denagn lingkaran pada kepalan dan arah memukul ke depan. Hal itu melambangkan bahwa kepalan tangan mewakili gerakan – gerakan bela diri. Lingkaran dua buah melambangkan gerakan – gerakan Tarung Derajat itu berdasarkan atas kemampuan OTOT dan OTAK.

B.  Gambar TANGAN MEMUKUL KEDEPAN melambangkan tekad kuat dan usaha tak kenal menyerah menuju masa depan yang lebih baik, khususnya dalam olah raga Tarung Derajat. Dalam kepalan tangan tersebut tergenggam NURANI. Hal ini berarti segala aktivitas hidup, upaya yang dilakukan, gerak otot dan perhitungan otak, juga harus didasari pertimbangan NURANI.


C. GAMABAR KILAT warna merah melambangkan suatu cita – cita yang luhur serta tekad membara dengan semangat juang yang tinggi.


D.   LINGKARAN TEBAL TIGA PEREMPAT warna hitam dengan lima kotak putih melambangkan wadah/tempat pembinaan diri yang dilakukan atas dasar lima unsur  daya gerak , yaitu: KEKUATAN,KECEPATAN, KETEPATAN dan KEULETAN.

Itulah arti dan filosofi yang terkandung dalam lambang PRIBADI MANDIRI, dan mungkin masih banyak nilai – nilai yang diisyaratkan dalam lambang tersebut, dan tentunya hanya Sang Guru saja sebagai pencipta Tarung Derajat yang paling memahami dari arti dan filosofi lambang Pribadi Mandiri.



BOX…!

0 comments:

Post a Comment