Subscribe:

Friday, January 16, 2015

TEKNIK JATUHAN TARUNG DERAJAT AA BOXER


BOX...!

Wah sudah sekian lama saya tidak update nih..! Mohon maaf bila akang dan teteh terlalu lama nunggu postingan saya hehehe....!

Baiklah tanpa basa - basi lagi saya akan coba lanjutkan kutipan ringkasan materi Tarung Derajat, yang dimana kali ini saya akan coba berbagi kutipan materi Teknik Jatuhan dalam Seni Ilmu Bela Diri Tarung Derajat.



Dalam pertarungan maupun latihan atau pertandinagn bela diri benturan dan terjatuh sering kali terjadi. Oleh karena itu, dalam Tarung Derajat, Teknik Jatuhan dilatihkan kepada para anggotanya.

Pada prinsipnya, teknik jatuhan di Tarung Derajat berfungsi:
1. sebagai upaya penyelamatan diri agar tidak cedera, dan agar jatuh dengan selamat.
2. membuka dimensi ruang gerak.

Ketika teknik jatuhan ini digunakan tidak berarti penggunanya kalah, jatuhan merupakan pilihan yang lebih baik pada kondisi peluang cedera atau hal yang fatal yang mungkin akan terjadi, terkunci atau napas habis.

Pada kondisi - kondisi tersebut, jatuhan merupakan sebuah pilihan yang lebih baik, dengan syarat menguasai tekniknya secara benar.

Selain upaya "penyelamatan", jatuhan juga dilakukan sebagai upaya membuka kembali ruang gerak. Dengan ruang gerak yang kembali terbuka, kemungkinan dan alternatif serangan balasan lebih banyak.

Dalam bela diri maupun pertarungan, menutup ruang gerak lawan merupakan sebuah upaya naluriah. Menyerang adalah menutup dimensi gerak lawan.

Dalam tinju, misalnya, penyerang selalu berupaya mendesak lawanya kesudut sehingga ruang geraknya menjadi terbatas. Begitupun dalam perkelahian, dominasi terhadap lawan bisa terlihat dari ruang gerak yang dimiliki masing - masing. Siapa yang mampu megunci gerakan atau menutup ruang gerak lawan, akan mendominasi pertarungan. Dalam kondisi sangat terjepit, jatuhan merupakan salah satu  upaya membuka ruang gerak yang lebih besar.


Salah satu contoh jatuhan yang ada pada gambar diatas, pada saat tangan terkunci,dan untuk menghindari cedera parah, maka teknik jatuhan bisa digunakan dengan teknik yang benar.

Prinsip pertama dari teknik jatuhan adalah dengan mengikuti arah bantingan. Dan kedua, jatuh dengan tumpuan otot, bukan tulang.

Dalam teknik jatuhan samping, misalnya kaki harus lurus. Dengan kaki yang lurus seluruh bidang benturan adalah otot, mulai dari paha, betis. Jika kaki menekuk, tulang lutut akan terkena benturan dan kemungkinan cedera lebih buruk bisa terjadi.


Dalam gambar ilustrasi yang ada, tangan juga lurus, sehingga sikut terlindung juga. Dalam Tarung Derajat dilatihkan empat bentuk jatuhan yaitu :

  1. Jatuhan Depan
  2. Jatuhan Belakang
  3. Jatuhan Samping
  4. Jatuhan Punggung

Teknik - teknik jatuhan tersebut dicoba dalam tarung pasangan pada latihan kurata. Anggota Tarung Derajat yang terlatih bisa menggunakan teknik jatuhan ini dengan aman dan benar sesuai dengan kemanfaatan dan tujuan yang diharapkan.

PERINGATAN......!
TEKNIK JATUHAN DIATAS HANYA BOLEH DILAKUKAN DENGAN DI DAMPINGI OLEH PELATIH TARUNG DERAJAT AA BOXER

0 comments:

Post a Comment